Rabu, 04 Januari 2012

BAB IV. PERILAKU KONSUMEN

A. Faktor-Faktor Yang Memperbaiki Keputusan Beli
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan,serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhikebutuhan dankeinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah,sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Berbagai Faktor yang Memperbaiki Keputusan Beli :
  • Kebudayaan
  • Status sosial
  • Kelompok referensi kecil
B. Berbagai Macam Situasi Pembelian
Jumlah dan kompleksitas kegiatan konsumen  dalam pembeliannya dapat berbeda-beda. Menurut Howard, pembelian konsumen dapat ditinjau sebagai kegiatan penyelesaian suatu masalah, dan terdapat  tiga macam situasi: 
  1. Perilaku Responsi Rutin --> Jenis perilaku pembelian yang paling sederhana terdapat dalam suatu pembelian yang  berharga murah dan sering dilakukan. Dalam hal ini pembeli sudah memahami merk-mek beserta atributnya.
  2. Penyesalan Masalah Terbatas --> Pembelian yang  lebih kompleks dimana pemeli tidak mengetahui sebuah merk tertentu  dalam suatu jenis produk yang disukai sehingga membutuhkan  informasi lebih banyak lagi sebelum memutuskan untuk membeli.
  3. Penyelesaian Masalah Ekstensi --> Pembelian yang sangat kompleks yaitu ketika  pembeli menjumpai jenis produk yang kurang dipahami dan tidak mengetahui kriteria penggunaannya 
C. Struktur Keputusan Beli
  • Keputusan tentang jenis produk
  • Keputusan tentang bentuk produk
  • Keputusan tentang merk
  • Keputusan tentang penjualannya
  • Keputusan tentang jumlah produk
D. Tahap-Tahap Dalam Proses Pembelian
  • Menganalisa kebutuhan dan keinginan
  • Pencarian informasi dan penilain sumber-sumber
  • Penilaian dan seleksi terhadap alternatif pembelian
  • Keputusan untuk membeli
  • Perilaku setelah pembelian
E. Perilaku Pembeli Industrial
  • Penentuan kebutuhan
  • Pengumpulan informasi
  • Pengambilan keputusan
  • Pelaksaan pembelian
  • Evaluasi pembelian
F. Proses Keputusan Beli Industrian 

  • Keputusan yang kompleks
  • Pembelian formal
  • Membangun hubungan jangka panjang
  • Adanya aspek intra organisasi, inter organisasi dan hubungan internasional
G. Pendekatan Dalam Pembelian Industrial 

  • Tingkat wewenang bagian pembelian
  • Struktur wewenang
  • Kebijakan pembelian
  • Kriteria pembelian

REFERENSI :
2. http://indradwisaputra98.blogspot.com/search/label/dasar%20pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar