A. Sumber Daya Konsumen dan
Pengetahuan
Potensi
sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya
dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki
baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural resources/endowment factors)
maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta
dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayahtingkat
ketergantungan terhadap sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada
sumberdaya alam lain. Misalnya, penggunaan energi sinar matahari, panas bumi,
atau gelombang laut termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan
manusia terhadap sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui.
1. Pengetahuan Konsumen akan Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Apa yang dibeli, berapa banyak yang
dibeli, dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan
konsumen mengenai hal-hal tersebut.
Pengetahuan Konsumen adalah semua
informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen.
2. Pengetahuan Produk adalah kumpulan
berbagai macam informasi mengenai produk
Pengetahuan ini meliputi kategori
produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur merek produk, harga
produk dan kepercayaan mengenai produk.
·
Jenis
Pengetahuan Produk
-
Pengetahuan
tentang karakteristik atau atribut produk
-
Pengetahuan
tentang manfaat produk
-
Pengetahuan
tentang kepuasan yg diberikan produk
kepada konsumen.
3. Seorang Konsumen akan melihat suatu
produk berdasarkan kepada karakteristik atau ciri atau atribut dari produk
tersebut.
4. Setiap konsumen mungkin memiliki
kemampuan yg berbeda dalam menyebutkan karakteristik/atribut dari suatu produk.
Hal ini disebabkan perbedaan pengetahuan yang dimilikinya.
5. Pengetahuan mengenai atribut
tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen.
6. Pengetahuan yg lebih banyak akan
memudahkan konsumen dlm memilih produk yg akan dibelinya.
7. Seorang Konsumen mengkonsumsi
sayuran dan buahbuahan karena mengetahui manfaat produk tsb bagi kesehatan
tubuhnya. Manfaat yg dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi sayuran dan
buah-buahan adalah memperlancar BAB.
8. Inilah yang disebut sebagai
pengetahuan tentang manfaat produk
Sumber :
http://abduljabal18.blogspot.com/2009/12/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
Sumber :
http://abduljabal18.blogspot.com/2009/12/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar