Rabu, 06 November 2013

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi




A.   Segmentasi Pasar
Jerry W Thomas (2007) mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar berdasarkan kesamaan, kemiripan, atau mempunyai keterkaitan yang sama. Tujuan dari segmentasi pasar adalah agar dapat melakukan prioritas, titik berat, atau konsentrasi usaha pemasaran dan mendorong pembagian (atau segmen pasar) untuk mendapatkan keuntungan kompetitif dalam segmen tersebut. Berdasarkan faktor pertimbangan atau variabel utama yang digunakan maka segmentasi pasar terdiri dari beberapa jenis atau tipe, yaitu :
1.    Geografis, Segmentasi, segmen berdasarkan batas-batas wilayah tertentu.
2.    Segmentasi Distribusi, segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja.
3.    Segmentasi Media, segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu.
4.    Segmentasi Harga, berdasarkan perbedaan harga.
5.   Segmentasi Demografi, segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya
6.  Segmentasi Waktu, segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu.
7.   Segmentasi Gaya Hidup atau Psikografi, segmen berdasarkan analisis multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup perilaku, nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat.

B.  Analisis Demografi
Adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from thewomb to the tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus kehidupanmanusia sejak dari kandungan sampai meninggal. Demografi, ini merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rata umur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan. Manfaat analisis demografi :
a.    Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalamsuatu daerah tertentu.
b.  Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masalampau, kecenderungannya, dan persebarannyadengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
c.   Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungandan lain-lain.
d.   Pemperkirakan pertumbuhan penduduk (proyeksipenduduk) pada masa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar