A. Segmentasi
Pasar
Jerry W Thomas (2007) mengatakan bahwa
segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar berdasarkan kesamaan, kemiripan,
atau mempunyai keterkaitan yang sama. Tujuan dari segmentasi pasar adalah agar dapat
melakukan prioritas, titik berat, atau konsentrasi usaha pemasaran dan
mendorong pembagian (atau segmen pasar) untuk mendapatkan keuntungan kompetitif
dalam segmen tersebut. Berdasarkan faktor pertimbangan atau variabel utama yang
digunakan maka segmentasi pasar terdiri dari beberapa jenis atau tipe, yaitu :
1. Geografis,
Segmentasi, segmen berdasarkan batas-batas wilayah
tertentu.
2. Segmentasi
Distribusi, segmen berdasarkan saluran distribusi
tertentu saja.
3. Segmentasi
Media, segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu.
4. Segmentasi
Harga, berdasarkan perbedaan harga.
5. Segmentasi
Demografi, segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri
individu dari konsumennya
6. Segmentasi
Waktu, segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau
penjualan tertentu.
7. Segmentasi
Gaya Hidup atau Psikografi, segmen berdasarkan analisis
multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup perilaku,
nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat.
B. Analisis
Demografi
Adalah analisis penduduk dari rahim
hingga liang kubur (from thewomb to the tomb) karena meliputi analisis penduduk
pada seluruh siklus kehidupanmanusia sejak dari kandungan sampai meninggal. Demografi,
ini merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rata umur, dan pendidikan.
Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static Attribute
Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi.
Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara,kawasan,
propinsi, kota). Sedangkan demografi berati kita melihat pasar berdasarkan
jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan. Manfaat analisis
demografi :
a. Mempelajari kuantitas dan
distribusi penduduk dalamsuatu daerah tertentu.
b. Menjelaskan pertumbuhan penduduk
pada masalampau, kecenderungannya, dan persebarannyadengan sebaik-baiknya dan
dengan data yang tersedia.
c. Mengembangkan hubungan sebab akibat
antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial,
ekonomi, budaya, lingkungandan lain-lain.
d. Pemperkirakan pertumbuhan penduduk
(proyeksipenduduk) pada masa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan
konsekuensinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar