A.
Model
pengambilan keputusan
Telah dikembangkan oleh beberapa ahli
untuk memahami bagaimana seorang konsumen mengambil keputusan pembelian.
Model-model pengambilan keputusan kontemporer ini menekankan kepada aktor yang
berperan pada pengambilan keputusan yaitu konsumen, serta lebih
mempertimbangkan aspek psikologi dan sosial individu. Secara umum ada tiga cara
atau model analisis pengambilan keputusan konsumen, yakni:
a. Economic
Models, pengambilan keputusan diambil berdasarkan alasan ekonomis dan bersifat
lebih rasional.
b. Psychological
models, diambil lebih banyak karena alasan psikoligs dan sejumlah faktos
sosilogis seperti pengaruh keluarga dan budaya
c. Consumer
behaviour models. Model yang umumnya diambil kebanyakan konsumen, Dilandasi
oleh faktor ekonimis rasional dan
psikologis.
B.
Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi
Terdapat empat faktor internal yang
relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian:
a. Motivasi
(motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk
mencapai tujuan tertentu.
b. Persepsi
(perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang
diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan
tersebut.
c. Pembentukan
sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang
yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
d. Integritas
(integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan
respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk
membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak
membeli produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar