A. Faktor-Faktor Yang Memperbaiki Keputusan Beli
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan,serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhikebutuhan dankeinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah,sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Berbagai Faktor yang Memperbaiki Keputusan Beli :
- Kebudayaan
- Status sosial
- Kelompok referensi kecil
B. Berbagai Macam Situasi Pembelian
Jumlah dan kompleksitas kegiatan konsumen dalam pembeliannya dapat berbeda-beda. Menurut Howard, pembelian konsumen dapat ditinjau sebagai kegiatan penyelesaian suatu masalah, dan terdapat tiga macam situasi:
- Perilaku Responsi Rutin --> Jenis perilaku pembelian yang paling sederhana terdapat dalam suatu pembelian yang berharga murah dan sering dilakukan. Dalam hal ini pembeli sudah memahami merk-mek beserta atributnya.
- Penyesalan Masalah Terbatas --> Pembelian yang lebih kompleks dimana pemeli tidak mengetahui sebuah merk tertentu dalam suatu jenis produk yang disukai sehingga membutuhkan informasi lebih banyak lagi sebelum memutuskan untuk membeli.
- Penyelesaian Masalah Ekstensi --> Pembelian yang sangat kompleks yaitu ketika pembeli menjumpai jenis produk yang kurang dipahami dan tidak mengetahui kriteria penggunaannya.
C. Struktur Keputusan Beli
- Keputusan tentang jenis produk
- Keputusan tentang bentuk produk
- Keputusan tentang merk
- Keputusan tentang penjualannya
- Keputusan tentang jumlah produk
D. Tahap-Tahap Dalam Proses Pembelian
- Menganalisa kebutuhan dan keinginan
- Pencarian informasi dan penilain sumber-sumber
- Penilaian dan seleksi terhadap alternatif pembelian
- Keputusan untuk membeli
- Perilaku setelah pembelian
E. Perilaku Pembeli Industrial
- Penentuan kebutuhan
- Pengumpulan informasi
- Pengambilan keputusan
- Pelaksaan pembelian
- Evaluasi pembelian
- Keputusan yang kompleks
- Pembelian formal
- Membangun hubungan jangka panjang
- Adanya aspek intra organisasi, inter organisasi dan hubungan internasional
- Tingkat wewenang bagian pembelian
- Struktur wewenang
- Kebijakan pembelian
- Kriteria pembelian
REFERENSI :
2. http://indradwisaputra98.blogspot.com/search/label/dasar%20pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar